Cari Blog Ini

Screensaver

Laman

Jumat, 28 Oktober 2011

Cegah Overtraining Agar Latihan Anda Tak Sia-sia




Sudah menjadi hal yang wajar saat Anda baru pertama kali masuk ke gym Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mencoba semua alat fitness yang ada, serta melakukan latihan selama 7 hari dalam seminggu. Bukan hanya pemula, bahkan fitness mania yang sudah lama berlatih pun sering melakukan hal yang sama. Namun hasilnya adalah latihan berat yang membuat Anda overtraining seperti ini tidak memberikan hasil yang optimal, dan tak jarang justru menimbulkan ketegangan otot atau cedera lain yang lebih parah.
Latihan berlebihan tidak akan membuat tubuh Anda lebih sehat.
Apapun bentuk latihan Anda, disarankan untuk memulainya secara bertahap. Kecepatan yang tepat dan gerakan bertahap bisa membantu Anda mendapatkan tujuan Anda berlatih. Berikut ini hal perlu Anda pahami sebelum Anda memulai latihan untuk mencegah overtraining:

1. Intensitas Latihan
Perlu Anda ketahui bahwa latihan yang baik akan memberikan perasaan yang penuh semangat, meningkatkan detak jantung Anda, dan melancarkan peredaran darah. Latihan intensitas yang lebih tinggi bisa membuat sobekan
 pada otot. Ketika tubuh Anda sepenuhnya pulih, otot akan membaik dan tumbuh menjadi otot yang lebih besar dan kuat dari sebelumnya.

2. Latihan Intensitas Rendah
Pada latihan dengan intensitas rendah, sobekan pada otot tidak akan terjadi, sehingga kecil kemungkinan otot Anda akan berkembang. Dengan intensitas rendah berarti Anda tidak menggunakan beran beban yang maksimal dan melakukan repetisi lebih sedikit atau memberi jeda istirahat yang panjang antar set. Apabila otot dapat menangani beban latihan Anda dengan nyaman, ini berarti otot tidak akan tumbuh karena otot Anda telah terbiasa dengan beban tersebut.

3. Latihan Intensitas Tinggi
Apabila intensitas latihan yang Anda lakukan terlalu tinggi, ini berarti otot-otot tidak mendapatkan cukup waktu untuk kembali pulih dan tumbuh kembali. Secara alami waktu yang dibutuhkan otot untuk melakukan pemulihan antara 24-48 jam setelah latihan. Pertumbuhan optimal massa otot biasanya dimulai setelah rentang waktu tersebut. Untuk alasan itu, Anda disarankan untuk tidak melatih otot besar lebih dari 2 kali dalam seminggu latihan. Mereka menyadari jika otot tidak memiliki waktu pemulihan yang cukup maka otot tidak akan tumbuh optimal, sehingga hanya lelah atau mungkin
 cedera yang bisa didapat.
Tumbuhkan semangat untuk berlatih dengan disiplin dalam diri Anda. Namun, semangat ini harus sejalan dengan pemahaman bahwa latihan berlebihan yang justru memicu overtraining tidak efektif untuk hasil latihan Anda. Untuk hasil terbaik, mulailah latihan Anda secara bertahap dan sesuaikan berat latihan dengan kemampuan tubuh Anda.
Sumber :
http://duniafitnes.com/fitness-2/cegah-overtraining-agar-latihan-anda-tak-sia-sia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutbox