Cari Blog Ini

Screensaver

Laman

Rabu, 26 Oktober 2011

3 Latihan Efektif Untuk Jaga Sendi Anda Tetap Sehat


Latihan adalah hal yang sangat penting untuk otot dan tulang yang kuat. Kekuatan otot memang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, namun penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berolahraga teratur akan lebih kuat dan lebih ramping daripada orang-orang lain seusia mereka.
Sendi adalah struktur yang kompleks. Sendi dirancang untuk menopang berat tubuh dan menggerakkan tubuh. Sendi butuh bergerak untuk tetap sehat. Tidak aktif secara fisik dalam waktu yang lama menyebabkan sendi menjadi kaku dan jaringan di sekitarnya mengalami atrofi atau penyusutan. Latihan moderat yang termasuk di dalamnya aerobik low-impact dan latihan beban akan memberikan banyak manfaat untuk semua wanita, bahkan memperlambat perkembangan penyakit seperti osteoarthritis.
Untuk menjaga sendi yang kuat, Anda perlu lakukan latihan ketahanan yang meningkatkan kekuatan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan stamina Anda. Ini memungkinkan otot-otot Anda untuk menangani stres fisik. Berenang, bersepeda, mendayung (rowing) adalah beberapa latihan yang dapat membantu Anda membangun kekuatan tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada sendi Anda.

Berikut adalah beberapa latihan yang bekerja untuk lebih dari satu sendi dan akan membantu Anda memperkuat sendi:
·         1. Bersepeda. Tidak seperti berjalan, berlari, aerobic dancing, dan latihan lainnya, bersepeda memberikan tekanan yang lebih lembut pada sendi dan dapat dilakukan oleh orang-orang dari segala usia.
·         2. Naik turun tangga. Ini bentuk latihan yang mungkin menjadi salah satu cara yang paling efisien untuk    memperkuat tulang, otot, dan sendi tubuh bagian bawah Anda. Terlebih lagi, tangga ada di mana-mana, sehingga Anda bisa lakukan latihan yang satu ini di mana saja dan kapan saja.
·         3. Berenang. Menurut Centers for Disease Control (CDC), orang-orang yang menderita rheumatoid arthritis menunjukkan perbaikan kesehatan sendi yang sangat baik setelah menjalani hidroterapi (terapi di air, termasuk berenang) dibandingkan dengan metode terapi lainnya. Manfaat ini juga bisa didapatkan oleh orang-orang yang mengalami osteoarthritis atau biasanya disebut sebagai pengapuran tulang (berkurangnya pelumas sendi).
Bagi Anda yang memiliki masalah sendi, sebelum memulai latihan di atas ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau terapis Anda untuk memeriksa kondisi sendi Anda. Selain dengan melakukan latihan fisik yang tepat dan teratur, Anda juga perlu mengkonsumsi nutrisi penting untuk sendi agar sendi Anda tetap sehat dan kuat. Selamat berlatih!
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutbox